Tuesday 1 March 2016

Menghitung Umur pakai rumus Excel

Dalam penerimaan siswa baru khusunya Sekolah Dasar (SD), salah satu acuannya adalah umur si Anak tersebut. Jika menggunakan hitung manual mungkin akan terjadi Human Error. Nah, pada kesempatan ini saya akan memberikan rumus Excel untuk menghitung Umur secara akurat.

Sebelum kita mulai ada kita cek terlebih dahulu Control Panel kita, setinggan mana yang dipakai.
Klik START --> Control Panel --> Clock, Language, and Region --> Region and Language
Coba perhatikan gambar berikut ini.

Pada gambar di atas, dapat diketahui bahwa Komputer Saya menggunakan Format English (United State), dimana tanggalnya menggunakan format Bulan dahulu baru Tanggal baru Tahun (M/d/yy)
Maksudnya disini adalah ketika menginput tanggal di Excel, kita terlebih dahulu mengetik Bulannya kemudian Tanggalnya baru Tahunnya.
Jika pada gambar di atas kalian menggunakan format Indonesia, maka kalian menggunakan format Tanggalnya dahulu baru Bulannya baru Tahunnya (d/M/yy).
Saya menjelaskan ini agar tidak terjadi miss communication.

Contohnya perhatikan gambar berikut ini :
Saya menginput tanggal dengan format mm/dd/yyyy di kolom B. Nanti Kita akan menghitung umurnya di kolom C. Format yang saya pakai sesuai dengan format Regional and Language yang saya pakai (English United State).

Rumus yang saya pakai adalah :
=DATEDIF(B2,TODAY(),"Y")&" Tahun "&DATEDIF(B2,TODAY(),"YM")&" Bulan "&DATEDIF(B2,TODAY(),"MD")&" Hari"
Bisa diperhatikan disana Saya menggunakan pemisah tanda KOMA. Jika Regional and Language Anda Indonesia, maka pemisahnya menggunakan tanda TITIK KOMA. Sehingga rumusnya menjadi seperti ini :
=DATEDIF(B2;TODAY();"Y")&" Tahun "&DATEDIF(B2;TODAY();"YM")&" Bulan "&DATEDIF(B2;TODAY();"MD")&" Hari"
Jadi, jangan sampe salah ya...
Perhatikan gambar berikut.
Jika diperhatikan Umurnya disatukan semua Tahun Bulan dan Harinya. Kadang kala Tahunnya ingin dibuat kolom tersendiri, Begitu juga Bulannya serta Harinya. Tujuannya adalah agar Nantinya bisa kita urutkan mulai dari Umur yang tertua ke yang termuda.
Perhatikan Contoh berikut ini :
Nah, di Kolom C akan kita cari berapa tahun si Anak, di kolom D berapa lebih Bulannya, dan di kolom E berapa lebih harinya si Anak.
Jadi Rumusnya adalah
di kolom C    =DATEDIF(B2,TODAY(),"Y")
di kolom D    =DATEDIF(B2,TODAY(),"YM")
di kolom E    =DATEDIF(B2,TODAY(),"MD")
Maka didapatlah umurnya secara terpisah. Untuk mengurutkannya dari yang tertua ke yang muda adalah dengan menggunakan menu DATA --> SORT. Tapi sebelumnya tabelnya diseleksi/blok dulu.
Nah, setelah itu atur pengurutannya seperti gambar berikut ini.
Klik Tombol Add Level Untuk menambah kriteria pengurutan. Dan pilih Largest to Smallest untuk mengurutkan data dari yang paling besar ke yang paling kecil. Setelah itu Klik Ok.
Maka akan diurutkan umur yang tertua ke yang termuda.
Sekian penjelasan dari Saya. Semoga bermanfaat.






EmoticonEmoticon