Friday 25 September 2015

Aplikasi Mobile Edukasi berbasis Android - Animasi Awal(Splach Screen)

Setelah selesai memasukkan gambar background, maka tahap selanjutnya adalah membuat animasi awal. atau yang sering dikenal dengan Splash Screen. Splash Screen ini berisi informasi tentang judul aplikasi, nama si pembuat, sponsor dan lain sebagainya. Pada kesempatan ini saya akan membuat Splash screen dari teks dan gambar. Untuk animasinya akan di pergunakan teknik tween pada adobe flash.

Part 1     Part 2     Part 3     Part 4     Part 5     
Part 6     Part 7     Part 8     Part 9     Part 10     Part 11

Untuk lebih jelasnya perhatikan video berikut ini.




Ada beberapa menu pada video di atas. Yaitu :

  • 1. Modify --> Convert to Symbol = adalah untuk mengubah teks atau gambar menjadi symbol. Jika ingin menggunakan animasi classicc tween maka objek yang ingin di tween harus di konvert dahulu ke bentuk symbol Graphic.
  • 2. Untuk frame Anda bebas memilih di frame berapa saja. Saya di video memilih frame
  • Anda bisa memilih frame lebih besar. Artinya semakin besar frame yang Anda pilih maka semakin lama durasi Animasinya.
  • 3. Insert ==> Time Line ==> Frame = adalah menyisip frame yang sama dengan frame awal. Jika ada ingin memperpanjang time line pada layer background pilihlah menu ini.
  • 4. Insert ==> Time Line ==> Keyframe = adalah menyisip keyframe yang sama dengan frame awal. Namun pada kasus ini objek yang ada pada keyframe akhir dapat dipindah-pindah. Perhatikan pada video saya memindahkan "Judul Aplikasi" yang ada di frame akhir.
  • 5. Insert ==> Time Line ==> Blank keyframe  = adalah menyisip frame yang kosong.
  • 6. Create Classic Tween = adalah membuat animasi Tween. Contoh Pada Frame 1 (layer Judul) berisi symbol "Judul Aplikasi" yang saya letakkan di luar background. Kemudian pada Frame 24 (layer judul juga) berisi symbol "Judul Aplikasi" juga (Insert ==> Time Line ==> Keyframe) Namun symbol "Judul Aplikasi" saya pindahkan ke tengah-tengah background. Pada frame 1 saya klik kanan ==> Create Classic Tween. Maka akan muncul tanda panah, menandakan Tween berhasil. Jika di play makan teks akan beranimasi dari kiri ke kanan. Begitu seterusnya.


Tampilan Splash Screen yang saya buat adalah tampilan yang sederhana. Silahkan kreasikan animasi menurut Anda. Anda bisa membuat Teksnya muncul dari Bawah ke Atas. Atau sebaliknya dari atas ke bawah. Atau bisa saja dari sudut bawah ke atas.


EmoticonEmoticon