Thursday 8 December 2016

Aplikasi Cetak Piagam Penghargaan Juara Kelas

Semester ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 sudah mendekati masa akhirnya. Salah satu kegiatan di akhir semester adalah penyerahan rapot kepada siswa/i. Namun ada kalanya sekolah memberikan penghargaan bagi siswa-siswi yang berprestasi dalam bentuk piagam penghargaan.
Aplikasi Cetak Piagam Penghargaan ini bertujuan untuk mempermudah sekolah dalam hal membuat serta mencetak piagam penghargaan. Sekolah tidak perlu repot atau susah payah mencetaknya ke percetakan. Dengan menggunakan printer biasa sekolah dapat membuatnya.
Adapun yang diperlukan adalah :
1. Printer
2. Kertas Sertifikat ukuran A4 atau F4 (biasanya ada di toko ATK atau fotocopy)
3. Aplikasi Cetak Piagam Penghargaan (Download Disini)

Setelah alat dan bahan siap, mari kita mulai cara membuatnya.
1. Buka Aplikasinya
2. Klik Input Data
3. Pada bagian Input Data silahkan isi data-datanya yaitu data Nama Siswa, kelas, Nilai rata-rata dan peringkat kelasnya. Selain itu juga diisi data-data sekolah, data kepala sekolah dan data wali kelasnya
4, Setelah data siap, tiba saatnya untuk mencetak. Silahkan klik Cetak Sertifikat di bagian Atas.
5. Nanti akan langsung tampil Nama Siswa urutan pertama. Silahkan tekan tombol PRINT untuk mencetaknya. Sebelumnya printer dan komputer sudah terkoneksi. Aturlah ukuran kertas A4 atau F4. Tak lupa atur Scalingnya menjadi "Fit Sheet In One Page" atau "Fit To Page"
6. Untuk mencetak nama siswa urutan kedua dan seterusnya tinggal mengklik tombol Segitiga ke bawah. Jika ingin kembali tekan tombol Segitiga ke atas.
7. Jika ingin desain piagam yang lain silahkan klik tombol template.

Untuk Selengkapnya bisa melihat video berikut ini.

Sekian dan terimakasih.
Bagi yang ingin penambahan fitur boleh hub ke E-Mail Saya : saloom.rd.shb@gmail.com


EmoticonEmoticon