Monday 21 March 2016

APLIKASI CETAK KARTU PELAJAR, SISWA, MAHASISWA

Ini adalah aplikasi ke dua Saya dari Microsoft Excel. Aplikasi ini berguna untuk mempermudah pencetakan Kartu Tanda Pelajar. Pencetakan disini tentunya menggunakan printer biasa dan kartas F4. Jika sekolah menggunakan bahan seperti SIM atau ATM aplikasi ini tiada guna. Namun, menggunakan kertas lebih murah biayanya dari pada menggunakan bahan plastik.
Jadi, para sekolah yang ingin mencetak dengan kertas biasa, silahkan pergunakan aplikasi ini.

Desainnya Saya sesuaikan dengan Sekolah yang Saya ampu. Jadi silahkan Edit sesuai dengan sekolah masing-masing. Untuk Background silahkan edit menu Headernya. Jika tidak ingin ada background silahkan hapus [Picture] dibagian Headernya.
Berikut tampilan hasilnya :

Tempilan depan dan belakang di cetak sekaligus. Model lipat.

Didalam kartu juga ada Barcodenya yang diambil dari NISN Siswa. Agar fitur ini bisa silahkan install terlebih dahulu Fontnya yangg sudah Saya sertakan dalam folder download.
Setelah Font terinstal, barulah aplikasinya di buka. Untuk pertama kali mungkin ada Errornya. Silahkan Abaikan. Kemudian Close. Baru buka kembali. Nah. disana ada menunya dibahagian atas. Sejenis toolbar.
Menu Data Sekolah, Isi data Siswa, Photo siswa, Desain Stempel dan menu Cetak.

Jika ingin mengganti photo siswa atau Logonya, silahkan klik kanan gambar kemudian klik Change Picture.

Saya, sebagai creatornya mengharapkan kritik dan saran bagi yang mencobanya, untuk memantabkan aplikasi ini.
Sekian dan terima kasih.
 DOWNLOAD




EmoticonEmoticon